INFORMASI STUDI LAPANGAN


 PANDUAN PENYUSUNAN
LAPORAN STUDI LAPANGAN
TAHUN PELAJARAN 2012/2013



A.      PENDAHULUAN
Pendidikan bukan hanya bagaimana cara untuk memperoleh pengetahuan namun pendidikan merupakan upaya untuk meningkatkan pemahaman, sikap, dan ketrampilan serta  perkembangan diri anak. Kemampuan atau kompetensi ini diharapkan dapat dicapai melalui berbagai proses pembelajaran di sekolah. Salah satu proses pembelajaran yang digunakan untuk mencapai kompetensi di atas adalah melalui pembelajaran di luar kelas (outdoor). 
Pembelajaran outdoor yang akan dilakukan adalah studi lapangan. Studi lapangan merupakan salah satu bentuk pembelajaran outdoor dimana terjadi kegiatan observasi untuk mengungkap fakta–fakta guna memperoleh data dengan cara terjun langsung ke lapangan. Studi lapangan merupakan cara ilmiah yang dilakukan dengan rancangan operasional sehingga akan didapatkan hasil yang lebih akurat. Dalam kegiatan studi lapangan, siswa diajak mengunjungi ke tempat dimana objek-objek yang akan dipelajari tersedia disana.
Studi lapangan adalah salah satu proses kegiatan pengungkapan fakta - fakta melalui observasi/pengamatan  dan wawancara dalam proses memperoleh keterangan atau data dengan cara terjun langsung ke lapangan (Field Study). Studi lapangan berguna untuk berbagai penelitian dan merupakan sejumlah cara ilmiah yang dilakukan dengan rancangan operasional dan dapat memberikan hasil yang lebih akurat untuk menghindari kesalahan penelitian serta dapat menambah pengalaman. Selain itu, dengan studi lapangan dapat diungkapkan fakta-fakta sebagai realisasi dari teori yang ada.

 .     B. LANDASAN KEGIATAN

1.  Pancasila dan UUD 1945
2.  UU Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sisdiknas
3.  PP Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standarisasi Pendidikan Nasional
4.   Permendiknas Nomor 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi.
5.   Permendiknas Nomor 41 Tahun 2007 tentang Standar Proses.

C. MAKSUD DAN TUJUAN
1.   Meningkatkan kualitas pembelajaran di SMK Negeri 1 Juwiring
2.    Memperluas serta menumbuhkembangkan semangat kebangsaan, wawasan usaha dan budaya di kalangan siswa, khususnya kelas X seperti yang terkait dalam materi pembelajaran di sekolah
3.  Menumbuhkan sikap kritis peserta didik dalam mengkorelasikan dan memahami  fakta-fakta yang ada dalam masyarakat
4.    Menumbuhkan dan mengembangkan keterampilan peserta didik untuk dapat berbicara dan mengungkapkan pendapat di depan umum dengan cara santun dan demokratis.
5.    Membantu dan melatih siswa dalam memaknai situasi dan kondisi untuk berpikir kreatif terkait dengan masalah ekonomi, social-budaya serta perjuangan pergerakan nasional Indonesia di era penjajahan.

D.  NAMA DAN TEMPAT KEGIATAN
Nama Kegiatan :

 “Studi Lapangan Dalam Rangka Outdoor Learning Kelas X SMK Negeri 1 Juwiring”
Tempat Kegiatan :
1.            Keraton Yogyakarta
2.            Benteng Vredenburg
3.            Monumen Jogja Kembali
4.            Wisata Kasongan
5.            Wisata Belanja Malioboro

E.  PENYUSUNAN  LAPORAN STUDI LAPANGAN DALAM RANGKA OUT DOOR LEARNING

Laporan OUT DOOR LEARNING terbagi menjadi 3 bagian, yaitu bagian awal, bagian inti dan bagian akhir
Secara umum bagian dari laporan OUT DOOR LEARNING tersebut adalah sebagai berikut:

1.    BAGIAN AWAL :
a)      Halaman Sampul
b)      Halaman Judul (sama dengan halaman sampul)
c)      Halaman Pengesahan
d)     Kata Pengantar
e)      Daftar Isi

2.  BAGIAN INTI :

BAB I   PENDAHULUAN
a)      Latar Belakang
b)      Ruang Lingkup
c)      Tujuan dan Manfaat

BAB II    PEMBAHASAN

     a)      Peranan Yogyakarta Dalam Perjuangan Mempertahankan Kemerdekaan Indonesia
     Pembahasan ini meliputi :
  Ø   Peranan keraton Yogyakarta dalam Serangan Umum 1 Maret 1949 (terkait dengan        materi pembelajaran IPS)
  Ø   Nilai-nilai perjuangan dari peristiwa Serangan Umum 1 Maret 1949 (terkait dengan materi pembelajaran PKn)

     b)     Desa Wisata Kasongan Yogyakarta
     Pembahasan ini meliputi :
  Ø  Kegiatan ekonomi masyarakat desa Kasongan (terkait dengan materi pembelajaran   Kewirausahaan)
  Ø  Macam-macam barang yang diproduksi (terkait dengan materi pembelajaran Seni Budaya) 
c) Hunting Tourist (terkait dengan materi pembelajaran Bahasa Inggris)


BAB III   PENUTUP

a)      Kesimpulan
Berisi kesimpulan dari pelaksanaan out door learning
b)     Saran
Berisi saran baik ditujukan kepada Sekolah atau obyek dari out door learning

F.   TEKNIK PENYUSUNAN LAPORAN
1.      Untuk penyusunan laporan kegiatan Out Door Learning siswa dapat berkonsultasi dengan guru mata pelajaran yang terkait
2.      Untuk pengumpulan laporan kegiatan Out Door Learning paling lambat minggu kedua bulan Februari 2013.

G.      TEKNIK PENILAIAN
Penilaian Laporan Studi Lapangan dalam rangka Out Door Learning dilakukan oleh guru mata pelajaran yang terkait

H.      TEKNIK PENULISAN
1.      Ukuran kertas A4, 70 Gram
2.      Batas kanan & batas atas 3 cm, sedangkan batas bawah dan batas kiri 4 cm
3.      Jarak Ketikan adalah 1,5 spasi
4.      Tipe font Time New Roman
5.      Ukuran huruf 12

Related product you might see:

Share this product :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Free Templates | Mas Template
Copyright © 2012. DUNIA PENDIDIKAN STUWIKA - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger